5 Pilihan Transportasi Saat Liburan di Bali

381
Transportasi wisata Bali -- foto: www.rentalmobilbali.net
Transportasi wisata Bali -- foto: www.rentalmobilbali.net

Baliluwih.com – Sebelum melakukan liburan di Bali, Anda harus melakukan perencanaan yang matang. Selain membuat itineray untuk tempat wisata yang dikunjungi, Anda juga harus memesan hotel jauh-jauh hari. Selanjutnya, Anda juga harus memikirkan transportasi yang digunakan untuk berpindah dari hotel ke tempat wisata dan sebaliknya.

Kalau Anda merasa kebingungan untuk menentukan transportasi di Bali yang sesuai dengan kebutuhan, simak beberapa ulasannya di bawah ini. Diharapkan, setelah mengetahui jenis dan kegunaannya, Anda bisa menentukan pilihan yang tepat.

1. Sewa Mobil 

Sumber foto: http://idonthaveone.org

Bali memiliki cukup banyak penyewaan mobil yang menawarkan aneka jenis mobil dengan harga tertentu. Anda bisa memilih menyewa mobil karena memiliki beberapa kelebihan. Beberapa agen penyewaan menyediakan mobil yang bisa dipesan menggunakan Whatsapp atau media chating lainnya. Anda bisa mencarinya di internet atau meminta hotel untuk membantu.

Sebelum menyewa mobil, Anda akan ditanya oleh agen penyewaan apakah menyetir sendiri atau menggunakan jasa sopir. Kalau Anda memiliki SIM A sangat disarankan menyewa tanpa sopir saja. Alasannya sederhana saja, lebih murah dan Anda tidak perlu dibebani biaya sopir yang sehari bisa Rp100.000-Rp200.000.

Anda bisa mengambil mobilnya di agen penyewaan, hotel (jika menyewakan), dan Bandara Ngurah Rai. Tiga tempat itu menawarkan penyewaan mobil dengan harga terjangkau dan tanpa banyak syarat. Anda hanya perlu meninggalkan kartu identitas dan tidak memerlukan deposit sama sekali.

Oh ya, karena sewa mobilnya kosongan, Anda harus mengisi bahan bakar sendiri. Sebelum menyewa, lihat dahulu bahan bakar yang ada pada mobil. Usahakan saat mengembalikan mobil bahan bakarnya nyaris sama atau kalau bisa lebih. Dengan begitu, pihak penyewaan tidak akan meminta tambahan biaya. Harga sewa tanpa sopir sekitar Rp250.000-Rp400.000 per 24 jam tergantung merek dan tahun kendaraan.

Menyewa mobil bisa Anda lakukan jika melakukan perjalanan dengan banyak orang. Jika Anda melakukan backpacker sendiri atau dengan teman, pilihlah moda transportasi lain karena mobil susah bergerak di jalanan Bali yang suka macet.

2. Sewa Motor

Sumber foto: http://baliscoopy.com

Kalau Anda seorang backpacker yang ingin menjelajahi banyak tempat di Bali disarankan menggunakan jasa sewa motor saja. Mengapa harus motor? Karena dengan motor, Anda bisa menjelajahi banyak tempat dengan mudah. Selain itu, untuk situasi macet, Anda juga bisa memotong jalan dan mencari jalur pintas yang lebih cepat.

Selain dua alasan yang telah disebutkan sebelumnya, menyewa motor juga membuat Anda jauh lebih hemat. Harga sewa satu hari hanya sekitar Rp60.000-Rp100.000 tergantung merek dan tahun pembelian. Dengan harga itu, Anda sudah mendapatkan fasilitas 2 helm standar SNI, mantel, dan juga masker.

Memilih motor sebagai alat transportasi di Bali juga memudahkan Anda dalam mengunjungi tempat wisata tersembunyi. Beberapa destinasi wisata di Bali tidak dilalui kendaraan umum sehingga motor bisa dijadikan andalan. Selebihnya, dengan menyewa motor, Anda bisa lebih hemat waktu.

3. Trasportasi Online 

Sumber foto: http://www.catatanfadil.com

Jika Anda tidak bisa mengendarai mobil atau pun motor. Artinya dua pilihan yang telah dijelaskan di atas tidak bisa diambil. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan jasa transportasi online yang zaman sekarang sudah banyak  bertebaran di berbagai kota besar di Indonesia termasuk Pulau Bali yang notabene menjadi pusat pariwisata di Indonesia.

Kalau Anda pergi sendirian saja disarankan menggunakan jasa ojek online seperti Gojek. Dengan menggunakan jasa ini, Anda bisa memperhitungkan biaya dan juga jarak yang ditempuh. Misal dari hotel ke ke pantai tertentu, Anda bisa memesan ojek secara online dan menjemput langsung di depan hotel. Kalau biayanya terlalu mahal, Anda bisa jalan 10-15 menit baru memesan untuk memangkas biayanya.

Selain ojek online, Anda juga bisa menggunakan jasa mobil online yang banyak bertebaran di Bali. Untuk menggunakan jasa ini disarankan untuk tidak sendirian saja. Dengan 3 orang, biaya perjalanan akan jadi lebih murah dan tidak akan membuat bujet perjalanan jadi lebih membengkak.

4. Kura-Kura bus 

Sumber foto: http://travelask.ru/indonesia/ubud

Sumber foto: http://travelask.ru/indonesia/ubud

Kalau di Jakarta ada Bus Trans Jakarta maka di Bali ada Kura-Kura Bus. Yang membedakan antara dua bus ini adalah lokasi yang dituju. Kura-kura bus menghubungkan beberapa destinasi wisata menarik di Bali dengan tarif sekali jalan sekitar Rp20.000 saja. Kalau Anda ingin menikmati bayak destinasi wisata bisa memilih tiket terusan dengan harga sekitarRp150.000 untuk 3 hari dan Rp250.000 untuk 7 hari.

Kura-kura Bus juga memiliki aplikasi yang bisa diakses dari mana saja. Jadi, Anda bisa membeli tiket sejak sebelum keberangkatan. Oh ya, shuttle bus ini cocok untuk Anda yang ingin menjelajahi objek wisata mainstream dan tidak terlalu suka melakukan penjelajahan ke tempat baru.


5. Taxi 

Sumber foto: www.bluebirdgroup.com

 Taksi adalah pilihan mode transportasi di Bali terakhir yang bisa Anda pilih. Setelah semua cara di atas tidak bisa baru gunakan taksi. Mengapa? Karena tarif taksi sangatlah mahal. Dibandingkan dengan 4 mode transportasi sebelumnya, Anda bisa kehabisan bujet hanya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kecuali Anda tidak sedang buru-buru atau dalam kondisi yang terdesak, sebisa mungkin cari moda transportasi lainnya. Oh ya, bukan bermaksud melarang Anda menggunakan taksi lo ya. Namun, untuk penghematan, masih ada banyak cara yang dilakukan untuk mengelilingi Bali dengan nyaman dan aman.

Inilah beberapa pilihan transportasi di Bali yang bisa Anda pilih ketika betandang ke sana. Jadi, mana kira-kira yang cocok untuk Anda? Apakah kendaraan sewaan, shuttle. (sumber: http://www.klikhotel.com)