Citilink Ramaikan Penerbangan Jakarta-Banyuwangi

253
foto:citilink.co.id

JAKARTA – Kini semakin banyak pilihan bagi  wisatawan yang hendak terbang ke Banyuwangi, Jawa Timur. Maskapai penerbangan nasional Citilink membuka penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi.  Sebelumnya, Garuda Indonesia, NAM Air dan Wings Air telah membuka rute yang sama.

Inaugural flight Citilink dengan menggunakan pesawat jenis B737-500, dilakukan di koridor Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta, Kamis siang, 15 Februari 2018.

“Rute Jakarta-Banyuwangi memiliki potensi pasar yang menjanjikan karena sektor pariwisata, dunia usaha, dan sektor pendidikan di Banyuwangi terus berkembang, “ kata Menteri Pariwisata, Arief yahya.

Menurut Arief Yahya,  tahun lalu,  wisman yang mengunjungi Banyuwangi  mencapai sepertiga dari total kunjungan wisman ke Jawa Timur. Jumlah  kedatangan penumpang di Bandara Banyuwangi  sebanyak 188.949 orang atau naik hingga 66,9 persen dibandingkan tahun 2016.  Pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 4,7 juta orang.

“Banyuwangi memberikan kontribusi sebesar 26,77 persen  terhadap kunjungan wisman ke Jawa Timur (Jatim) pada 2017 ” tambah Arief.

Dirut PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahyo mengatakan, Citilink siap mendukung program Kementerian Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

“Hingga Agustus 2017 Citilink telah melayani penerbangan ke-31 kota, dengan 63 rute dan lebih dari 244 frekuensi penerbangan setiap hari,” katanya.

Juliandra Nurtjahyo menjelaskan, Citilink mengoperasikan 50 pesawat seri Airbus A320 (berkapasitas 180 penumpang) termasuk  pesawat Airbus A320NEO yang melengkapi armada Citilink sejak Januari 2017.

Tahun ini Citilink menambah rute baru domestik dan internasional. “Yaitu dari Jakarta tujuan Banyuwangi, Labuhan Bajo, NTT , Penang  Malaysia) dan Bangkok Thailand, ” ujar Juliandra Nurtjahyo. (Eni Saeni)