Cultural Events in Bali

90

Baliluwih.com, Bali sebagai daerah tujuan wisata (DTW) du- nia memiliki aneka-ragam ‘Festival Budaya’ sepanjang tahun. Setiap hari, ada saja acara-acara budaya dan keagamaan (Hindu) di Bali, karena seƟap hari merupakan hari baik (dewasa ayu) untuk melaksanakan suatu upacara ritual. Beberapa fesƟval budaya yang unik sering kita jumpai di suatu desa terpencil, saat kita melintasi desa tersebut. Dan, acara keagamaan itu ditentukan menurut perhitun- gan kalender Bali (Pawukon) yang keberadaannya masih dipraktekan secara lisan oleh para ‘tetua’ (tokoh adat) dari desa bersangkutan.

Sementara itu, ada kalender Bali yang dicetak yang merupakan hasil modifikasi dan penggabungan antara Pawukon dengan kalender Gregorian (kalender Barat) dan atau kalender lainnya (kalender Muslim, Budha, China, Kong Hu Chu dan sebagainya).

Coba kita perhaƟkan, apa saja acara yang terjadi pada bulan Juni-Juli, tepat- nya tanggal 25 Juni sampai 10 Juli, 2016 (sesuai dengan masa terbitnya Koran Bali Travel Newspaper). Pada hari Sabtu, tanggal 25 Juni adalah Hari Raya SaraswaƟ, Minggu (26 Juni) adalah Hari Raya Banyupinaruh, Rabu (29 Juni) hari Raya Pagerwesi, Senin (4 Juli) hari Tilem Sadha dan hari Kajeng Kliwon Uwudan. Sedan- gkan tanggal 6 dan 7 Juli adalah hari libur nasional, karena pada hari itu dirayakan sebagai Hari Raya Idulfitri (Muslim).

Apa yang diuraikan di atas hanya sebagian kecil dari festival budaya di Bali, karena selain ada upacara rutin, sesuai dengan Kalender Pawukon (umurnya 210 hari), pemerintah kabupaten dan provinsi Bali juga sering menggelar berbagai events budaya yang biasanya dikaitkan dengan sambutan mereka terhadap kunjungan wisatawan ke wilayahnya masing-masing. Pemerintah Provinsi Bali, misalnya, meng gelar Pesta Kesenian Bali (PKB) setiap musim libur sekolah (Juni-Juli), sedangkan assosiasi layang-layang Bali meny- elenggarakan Festival Layang-layang juga seƟap musim libur sekolah yang disebut “Balinese Kites Festival”.

Pesta Kesenian Bali
Merupakan pesta tahunan bagi para Seninam dan Budayawan Bali. Tahun ini, PKB digelar untuk yang ke-38, sejak pertama digelar tahun 1979. PKB ke-38, tahun 2016 ber- langsung dan dipusatkan di Taman Budaya Arts Centre, Jalan Nusa Indah, Denpasar. PKB tahun ini bertema “Karang Awak: Mencintai Tanah Kelahiran” berlangsung sejak 11 Juni sampai dengan 9 Juli. Saat PKB digelar Pa- rade Seni (11 Juni); Pameran Seni (11 Juni – 9 Juli); Pementasan Seni (setiap hari ada jadwalnya); Ber- bagai Lomba Seni dan Loka-karya Seni yang waktunya ditentukan oleh panitia PKB.

Hari Raya Saraswati
Hari Raya Saraswati merupakan pemujaan terhadap Ilmu Pengeta- huan, Seni dan Sastra yang digam- barkan sebagai seorang wanita cantik berwujud Dewi Saraswati. Hari itu ditandai persembahyangan di sekolah-sekolah dimana ilmu pengetahuan itu didapat. Hari Raya SaraswaƟ jatuh pada Sabtu Umanis Watugunung, yaitu setiap 210 hari menurut kalender Pawukon, dimana hari ini dirayakan yang dua kali dalam satu setahun untuk kalender Gregorian. (Bali Travel Newspaper)