Ini Kata Gubernur Pastika Tentang Tri Hita Karana Awards

711
Panitia THK Awrad 2017 diterima Gubernur Bali Mangku Pastika di ruang kerhanya, Senin, 6 November 2017(foto : Rudi)

Baliluwih.com, Denpasar – Guberbur Bali Mangku Pastika menegaskan, berbicara tentang pembangunan berkelanjutan pasti merujuk ke Tri Hita Karana, filosofi masyarakat Bali yang mendasari kebahagiaan manusia. Karenanya Pastika berharap Tri Hita Karana disebarluaskan bahkan ke mananegara.

“Salah satunya dengan melibatkan dunia pariwisata, seperti yang dilakukan Yayasan Tri Hita Kirana melalui THK Awards,” kata Gubernur saat menerima panitia Tri Hita Karana (THK) Awards 2017 di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin 6 November 2017.

Pastika menuturkan, pembangunan berkelanjutan bisa tercapai bila terjadi harmoni antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama dan manusia dengan alam. “Untuk bisa sustainable, rohnya itu Tri Hita Karana,” ujar dia.

Menurut Gubernur, orang luar terbuka dengan konsep Tri Hita Karana lantaran sejalan dengan upaya menciptakan pembangunan berkelanjutan.

Ketua Yayasan Tri Hita Karana, I Gusti Ngurah Wisnu Wardana, mengungkapkan, tahun ini peserta THK Award bertambah menjadi 155 peserta. Hal itu, kata dia, menunjukkan kesadaran pelaku pariwisata di Bali atas nilai-nilai dalam Tri Hita Karana semakin baik.

Malam anugerah THK Awards  akan digelar di Art Centere, Denpasar 25 November mendatang. Seperti yang –sudah – sudah Gubernur Pastika akan hadir dan menyerahkan THK Award ke pelaku pariwisata yang berhak. Award terdiri dari kategori Public Relations, Corporate Social Responsibility dan Melapa Melapi.

Menurut annggota Tim Asesor THK Awards, Gede Suarsa, kwalitas THK Awards tahun ini  meningkat karena semakin banyak hotel yang memiliki program CSR yang baik. (Rudi)