Inilah Lima Pasar Utama Pariwisata Indonesia

238

Baliluwih.com, Jakarta— Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, dan India berada di ‘Top Five’  pasar utama wisatawan mancanegara dar 14 pasar utama tahun 2018, yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata.  Penetapan ‘Top Five’  merujuk ke kriteria 3S yakni size, sustainability dan spending.

Menteri Pariwisata  Arief Yahya mengatakan,Tiongkok menjadi pasar utama tahun ini  karena total nilai dari size, sustain (growth), dan spread (spending) tertinggi  mencapai 92 persen. Eropa  posisi kedua  dengan total nilainya 77 persen “Keunggulan pasar wisman Eropa pada spread atau spendingnya,” katanya.

Sepanjang Januari-November 2017 jumlah kunjungan wisman Tiongkok mencapai  1,9 juta wisman dengan pertumbuhan atau sustain/growth sebesar 42,2 persen dan perolehan devisa atau spread (spending) 1,94 miliar dolar Amerika.  Sementara di periode yang sama, jumlah wisatawan dari Eropa  sebanyak 1,7 juta (size) dengan pertumbuhan sustain (growth) sebesar 14,1 persen  dengan pendapatan  devisa sebesar 2,6 miliar dolar Amerika.

Diluar pasar utama Top Five, negara – negra yang turisnya disasar untuk digaet melancong ke Indonesia tahun ini yakni    Malaysia, USA, Korsel, Jepang, dan Filipina,  Thailand, Taiwan, Timteng, dan Hongkong. (Eni Saeni Djudira)