Kopi Terbaik dan Termahal Ada di Jimbaran Bali

3779
Penyajian kopi di '70 Fahrenheit Koffie' Bali (foto:istimewa)

Baliluwih.com, Denpasar  – Tahukah Anda, kopi terbaik dan termahal di Indonesia hanya ada di Jimbaran, Bali? Harganya mungkin membuat Anda kaget: Rp 2 juta per kilo gram.

Biji kopi dengan harga fantastis itu adalah hasil dari perkebunan kopi di Gunung Patuha,Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dalam lelang kopi mikro lot di Jakarta 20 Oktober lalu, kopi itu mendapat penawaran tertinggi Rp. 2 050 000 per kilo gram. Pemenang lelang adalah 70 Fahrenheit Koffie, Bali.

Soal harga yang selangit itu? “Ini adalah bentuk apresiasi kami  kepada para petani kopi. Kopi terbaik harus mendapat penghargaan yang baik pula,” kata  President Director 70  Fahrenheit Koffie, Suryadi Suryadhamma, Rabu, 16 November 2017.

70 Fahrenheit Koffie adalah workshop kopi yang beralamat di Jalan Parigata No.708 Jimbaran, tak jauh dari Hotel Bali Jimbaran. Bukan hanya sekadar minum kopi, di 70 Fahrenheit Koffie pengunjung bisa ‘belajar’ proses pengolahan mulai kopi masih dalam bentuk biji sampai tertuang dalam cangkir, siap diseruput.

Suryadi Suryadhamma bercerita, lelang dibuka dengan harga Rp 115 ribu per kilo garm. Peserta lelang sebenarnya sudah mau menyerah ketika penawaran mencapai Rp 1 juta. “Tapi Ketua SCAI (Specialty  Coffee Association of Indonesia) memberi semangat bahwa tujuan lelang  ini untuk  memberi penghargaan  kepada para petani kopi,’’ ujarnya.

Lelang pun terus berlanjut dan akhirnya ditutup dengan penawaran tertinggi dari 70  Fahrenheit Koffie Bali sebesar Rp 2 050 000.

Ini angka tertinggi dalam sejarah lelang kopi di Indonesia. Karenanya SCAI (Specialty  Coffee Association of Indonesia) memasukkannya dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). “Kita sudah daftarkan, sekarang sedang proses di MURI,” ujar Ketua SCAI, Syafrudin  (Saeni)