Mahkota Terpasang di Kepala Dewa Wisnu, Patung GWK Nyaris Rampung

1226
foto :Humas Pemprov Bali

Baliluwih.com, Denpasar – Pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bukit Jimbaran, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, hari ini memasuki tahap paling sakral yakni pemasangan mahkota yang dikenakan Dewa Wisnu.

Begitu pentingnya moment itu, sampai –sampai diadakan upacara khusus yakni Upacara Pasupati. Diiringi baleganjur, mahkota berwarna keemasan itu secara pelan dipasang, menggunakan bantuan crane, tepat di atas kepala Dewa Wisnu.

Ada suasana tegang, ketika ‘potongan logam’ mahkota itu perlahan diturunkan ke arah kepala Dewa Wisnu. Tak heran kalau penggagas pembagunan patung GWK, Nyoman Nuarta juga  Gubernur Bali, Mangku Pastika, tampak bungah ketika mahkota itu akhirnya terpasang.

“Cita-cita kita bersama akhirnya bisa tercapai, ini merupakan karya luar biasa. Ini akan menjadi Kebanggaan rakyat Bali, kebanggaan Bangsa Indonesia, “ kata Mangku Pastika.

Kalau nanti pembangunannya rampung, Patung GWK, setinggi 121 meter, bakal menjadi patung tertinnggi kedua di dunia setelah patung Bhuda di China yang diresmikan bulan lalu.

Digagas oleh Nyoman Nuarta pada 1993 lalu, peletakan batu pertama pembangunan patung GWK baru dilakukan pada 1997.  Pengerjaan patung itu melibatkan banyak seniman bertalenta baik dari Bali maupun daerah lain.

Sampai saat ini pembangunan GWK telah mencapai 80 persen, dijadwalkan tuntas  pada Agustus mendatang.

Rencananya GKW akan dijadikan tempat gala dinner pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-Bank Dunia, yang diikuti 13 ribu  orang peserta dari 189 negara, Oktober nanti. (Wisnu Wardana)