Pelabuhan Benoa Paling Diminati Kapal Pesiar

255
Kapal pesiar tengah bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali. (foto:beritatrans.com)
Kapal pesiar tengah bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali. (foto:beritatrans.com)

Baliluwih.com, Denpasar –Pelabuhan Benoa, Bali, berada di peringkat tetaras dalam hal jumlah kunjungan kapal pesiar atau cruise mancanegara yang mengangkut wisatawan mancanegara(wisman). Peringkat kedua ditempati oleh Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat dan urutan ketiga Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Jumlah kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Benoa sepanjang semester pertama tahun ini mencapai 38 unit atau naik sebesar 34 persen dibandingkan periode sama tahun 2016 sebanyak 25 unit. ‘’Kunjungan kapal pesiar paling banyak pada Februari dan Maret, masing-masing sebanyak 10 unit,” kata General Manager Pelindo III Benoa, Ardhy Wahyu Basuki.

Kenaikan jumlah kapal pesiar berdampak positif terhadap peningkatan penumpang. Sebanyak 32.200 orang wisatawan mancanegara yang menggunakan cruise di Pelabuhan Benoa, 32.052 penumpang diantaranya turun ke darat. Jumlah penumpang yang turun meningkat 28 persen dibandingkan enam bulan pertama tahun lalu,  sebanyak 23.056 orang.

Ardhy menuturkan, pihaknya terus  meningkatkan pelayanan terhadap cruise yang datang antara lain memperpanjang Dermaga Timur dari 290 meter menjadi 340 meter. ‘’Dengan penambahan panjang dermaga, pelabuhan bisa menerima kedatangan kapal cruise yang besar dan panjang. Kapal pesiar Norwegian Star menjadi kapal terpanjang yang bersandar di sini , yakni  295 meter,” katanya.

Kepala Dians Pariwisata Provinsi Bali, Anak Agung Gede Yuniartha Putra,  mengharapkan jumlah kunjungan kapal pesiar ke Benoa  terus meningkat untuk membantu mencapai target kunjungan wisman 5,5 juta tahun ini. ”Penambahan fasilitas dan meningkatkan layanan terutama soal air bersih, pengolahan sampah, sampai fasilitas di terminal sehingga kapal-kapal cruise tidak pindah sandar ke negara tetangga,” katanya.(Saeni)