Ramai Dikunjungi Wisman, Begini Kemegahan Air Terjun Kanto Lampo

46

Baliluwih.com, Gianyar – Air terjun Kanto Lampo “harus” masuk  dalam daftar kunjungan, jika Anda liburan ke seputran Ubud dan Gianyar, Bali.  Untuk menuju air terjun yang berada di Bajar Kelod Kangin, Desa Beng, ini hanya perlu berkendara sekitar 10 menit dari pusat kota Gianyar.

Kanto Lampo adalah mana pohon buah yang tumbuh di sekitar air terjun. Maka air terjun itu dinamai ‘Kanto Lampo’. “Buah itu rasanya manis. Pohonnya berbuah hanya pada musim tertentu,” kata Yoga, salah seorang pemandu wisata di sana.

11-8 gianyar 4

Air terjun ini merupakan objrek wisata yang relatrif masih baru, belum sepopuler objek wisata lain di Kabupaten Gianyar semisal Goa Gajah. Namun sudah banyak turis manca negara yang berwisata ke sana. “Sebagian besar wisatawan Jepang, Australia dan  Eropa,” tambah Yoga.

Air terjun setinggi kurang lebih 15 meter itu,berada di cekungan, di lembah. Wisatawan harus menuruni 90 anak tangga untuk bisa menikmati kemegahannya : air tercurah dari ketinggian, membentur tebing yang tak rata dan memercik ke segala arah. Lalu ada tebing-tebing kokoh menjulang, yang peremukaaannya diseliuti  lumut. Hijau, kusam, warna alam.  Biasanya pengunjung tak tahan untuk tak berswafoto, berselfi, dengat latar air terjun.

Pengelola wisata air terjun Kanto Lampo  mematok tarif tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per pengunjung. Tarif yang teramat murah untuk dapat merasakan sensasi wisata alam di pedesaan Bali yang masih  alami.  (Agung)