“Randang Competittion”, Melestarikan Membuat Rendang yang Mak Nyuus

181
Walikota Padang, Datuk Marajo Mahyeldi Ansarulah ikut memasak rendang dalam "Randang Competittion" di Padang, Kamis 8 Februari 2018.(fofo:Wisnu)

Baliluwih.com, Padang – Salah satu kuliner Padang , Sumtera Barat, yang kesohor yakni rendang.  Maka pemerintah setempat membuat lomba unik yakni memasak rendang daging, ketika Padang  menjadi tuan rumah perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 7 -9 Februari 2018. Nama lomba itu : “Randang Competittion.”

Walikota Padang, Datuk Marajo Mahyeldi Ansarulah pun membuka kompetisi itu dengan cara unik,  Kamis ,8  Februari 2018. Ia ikut memasak, mengaduk bumbu dalam wajan panas. “Saya sengaja ikut masak, biar merasakan perihnya mata kena asap dari kayu bakar,” katanya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota padang, Medi Iswandi, lomba memasak rendang pertama kali digelar tujuh tahun silam. Tujuannya agar cita rasa Rendang Padang yang sudah mendunia  tak memudar. “Dengan demikian membuat rendang yang benar akan diwariskan secara turun –temurun,” katanya.

Dan,  dari waktu ke waktu peserta lomba selalu membludak. Untuk kali ini banyaknya peserta lomba sangat mungkin lantaran tertarik hadiahnya yang  menggiurkan. Juara dua berhak sepeda motor dan juara satu mendapat mobil pick-up untuk bisnis.

Masakan Rendang memang sudah go internasional. Tahun lalu , CNN Travel  menempatkan Rendang di urutan teratas dari  50 makanan terlezat di dunia yang dirilisnya. Sebelumnya  pada tahun 2011 , CNN Go’s juga menobatkan Rendang sebagai kuliner dengan kelezatan nomor wahid sejagad. (Wisnu Wardana)