Yayasan THK Bali Gelar Pelatihan THK Tourism Award and Acreditation

156
Pelatihan THK Award, di auditorium STPBI Denpasar (foto: baliluwih/ Rudi)
Pelatihan THK Award, di auditorium STPBI Denpasar (foto: baliluwih/ Rudi)

Baliluwih.com, Denpasar – Sebanyak 100 peserta ambil bagian dalam pelatihan/bimbingan teknis Tri Hita Karana Tourism Award  and Accreditaion 2017  di auditorium  Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internsional (STPBI)  Denpasar, Bali,  Rabu 14 Juni 2017

Ketua Yayasan Tri Hita KaranaIGN Wisnu Wardana, menuturkan pihaknya menggelar pelatihan selama dua hari. Hari ini untuk kategori Daya Tarik Wisata, Kampus/Perguruan Tinggi, Sekolah dan instansi Pemerintah.  Sedangkan besok untuk kategori Hotel berbintang satu sampai bintang lima. ‘’Pelatihan ini untuk menyamakan persepsi serta menyelaraskan kuisioner Tri Hita KaranaAward and Accreditation,’’ katanya.

Para Peserta Pelatihan THK Tourism Award and Acreditation

Para Peserta Pelatihan THK Tourism Award and Acreditation. Foto: Baliluwih/Rudi

Para peserta mendapat  ‘pengarahan’  mengenai  Powongan dari Wisnu WardanaPalemahan dari Ketut Semadi  dan  Parhyangan dari   A.A Gde Raka Dalam.

Pelatihan ini merupakan tahap awal dari pproses menuju malam penganugerahan THK Awrad. Setelah pelatihan, pantia penyenggara akan mengirim kuisioner ke para peserta pada Jui – Agustus medatang. Selanjutnya pada September assesor akan mengecek dan mengevaluasi ke lokasi peserta seperti hotel, sekolah, dan instansi pemerintah. Penyerahan THK Award akan dilakukan pada bulan Desember mendatang.

Suasana Pelatihan THK Tourism Award and Acreditation

Suasana Pelatihan THK Tourism Award and Acreditation. Foto: baliluwih/Rudi

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Puthu Beratha, mengapresiasi apa yang dilakukan Yayasan Tri Hita Karana. Semua aktifitas pariwisata di Bali, kata dia, harus mengacu ke kearifan lokal yakni konsep Tri Hita Kirana.  Yaitu keharmonisan antara manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan dan manusia dengan lingkungan.  ‘’Bila itu sudah terbangun, tentu akan menghasilkan  kehidupan yang berkesimbangan bersama.’’ katanya.

Apa yang dilakukan Yayasan Tri Hita Karana, kata dia,  mendukung upaya pemerintah mewujudkan  masyarakat Bali yang  Maju , Aman , Damai dan Sejahtera (BALI MANDARA). (Rudi)